Senin, 26 November 2012

PENINGKATAN KEMAMPUAN TENAGA TEKNIS DALAM PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA SURVEILANS

Suasana kegiatan pertemuan

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar (KKP Kelas I Denpasar) sebagai unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal PP dan PL Kementerian Kesehatan RI, memilki tugas pokok dan fungsi diantaranya melaksanakan pencegahan masuk dan keluarnya penyakit, penyakit potensial wabah, surveilans epidemiologi dan kekarantinaan. Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi KKP dalam upaya penangkalan penyakit menular potensial wabah dan kewaspadaan terhadap PHEIC perlu diikuti dengan peningkatan kemampuan petugas teknis KKP dalam melakukan pengolahan dan analisis data hasis-hasil kegiatan yang telah dilaksanakan di lapangan baik secara statistik diskriptif maupun analitik.
Apabila dikaitkan dengan peningkatan core capacity yang disyaratkan oleh IHR 2005 Annex 1A dan 1B yang menyangkut kapasitas inti di bidang surveilans epidemiologi dan kapasitas inti bagi bandara, pelabuhan dan perlintasan batas yang telah ditetapkan berkaitan dengan pengawasan alat angkut, maka bentuk pelatihan yang dilaksanakan merupakan sebagian upaya untuk memenuhi kemampuan tersebut. Pada sisi lain pelatihan sejenis secara khusus belum pernah dilakukan bagi tenaga teknis KKP Kelas I Denpasar terutama secara khusus untuk meningkatkan kemampuan dalam pengolahan dan analisis data surveilans


Diskusi Kelompok
Untuk itu, pada tahun anggaran 2012 ini Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar memprogramkan melaksanakan kegiatan pertemuan Peningkatan Kemampuan Petugas Teknis dalam Pengolahan dan Analisis Data Surveilans.
Tujuan dari pertemuan adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai peranan data sebagai dasar kegiatan (evident base) dan memberikan keterampilan dalam pengolahan, penyajian dan analisis data hasil kegiatan secara statistik
sederhana sehingga dapat memberikan informasi surveilans yang optimal dan keterampilan mengoperasikan software pengolahan data.
Pertemuan Peningkatan Kemampuan Petugas Teknis dalam Pengolahan dan Analisis Data Surveilans dilaksanakan di Gedung Diklat KKP Kelas I Denpasar Jalan Puri Gading Gang Garing, Jimbaran, Kuta – Badung pada tanggal 20 – 23 Nopember 2012.
Presentasi Hasil Pengolahan Data
Peserta pertemuan sebanyak 20 orang yang semuanya tenaga teknis KKP Kelas I Denpasar. Mekanisme kegiatan ini berupa penyampaian materi oleh narasumber berupa persentasi yang diikuti tanya jawab dan diskusi kelompok serta praktek pengguanaan software.
Penanggung jawab kegiatan adalah Bidang Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi dan pelaksananya Seksi Surveilans Epidemiologi yang didukung oleh Bagian TU melaui kepanitiaan yang ditunjuk oleh Kepala KKP Kelas I Denpasar.
Harapan yang ingin dicapai dari pertemuan adalah peserta mampu mendeskripsikan, menganalisis dan memvisualisasikan data menjadi informasi sebagai bahan rekomendasi kepada penentu kebijakan untuk mendapat tindak lanjut.
(dok.adi palguna/staf PKSE)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas Komentar Anda